Pantau mudik gratis di Terminal Jatijajar, Ombudsman: Sangat membantu warga

Mudik gratis yang digelar Kemenhub di terminal Jatijajar Depok tersebut memberangkatkan sekitar 2.550 orang dengan 85 bus.

Anggota Ombudsman Hery Susanto melakukan monitoring pelepasan mudik gratis via kendaraan bis ke Jateng-DIY dan Jatim bersama Menko PMK Muhajir Effendi dan Menhub Budi Karya Sumadi. Terminal Jatijajar Depok, Kamis (28/4/2022). Foto: dok. Ombudsman.

Anggota Ombudsman RI (ORI) Hery Susanto menilai, program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat. Hal itu diungkapnya saat memantau persiapan mudik gratis Kemenhub di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/4). 

"Program mudik gratis tentu sangat membantu masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang merosot selama masa pandemi," kata Hery dalam keterangannya, Kamis (28/4). 

Mudik gratis yang digelar Kemenhub di terminal Jatijajar Depok tersebut memberangkatkan sekitar 2.550 orang dengan 85 bus yang telah disiapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. 

Pengguna jasa transportasi bus yang mengikuti program mudik gratis tersebut didominasi oleh pemudik yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan syarat telah menerima vaksin booster.

Namun demikian, Hery mengingatkan bahwa meskipun antusiasme masyarakat untuk mudik gratis cukup tinggi, peminatnya belum begitu besar.