MUI luncurkan sekolah Hak Asasi Manusia

Dengan adanya HAM yang melekat pada setiap individu, muncul permasalahan lain dalam kehidupan yang perlu dicarikan solusi bersama.

Ilustrasi. Alinea.id

Majelis Ulama Indonesia (MUI) meluncurkan sekolah Hak Asasi Manusia (HAM), sekaligus penandatanganan MoU dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) pada Rabu (15/12).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bidang Hukum dan HAM MUI, Noor Achmad pada sambutannya di International Webinar "on Human Rights in Various Perspectives (Islam, UDHR, and Indonesia) and the Launching of the MUI Human Rights School".

"Acara ini menjadi momentum yang sangat penting, karena pemikiran mengenai HAM yang terus berkembang sejalan dengan hukum itu sendiri," ucap Noor.

Di samping itu, menurutnya harus diakui bersama bahwa HAM merupakan hak yang melekat pada setiap individu sejak dilahirkan. Noor mengungkapkan, hak tersebut mencakup banyak aspek, baik itu yang terkait dengan hak hidup, beragama, berpendapat, dan lain sebagainya.

Dengan adanya HAM yang melekat pada setiap individu, muncul permasalahan lain dalam kehidupan yang perlu dicarikan solusi bersama untuk meresponnya.