Nasib normalisasi Sungai Ciliwung terkatung-katung

Pembebasan lahan untuk normalisasi Sungai Ciliwung baru mencapai 9,99 hektar dari total kebutuhan 94 hektar.

Sebanyak 11.450 jiwa yang tinggal di 141 RT dan 49 RW di 20 kelurahan terdampak banjir yang menerjang Ibu Kota mulai Senin kemarin. Dari jumlah itu, 6.532 jiwa diantaranya mengungsi di 31 titik yang tersebar di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera turun ke lapangan untuk meninjau lokasi-lokasi yang terdampak banjir kiriman dari hulu sungai ciliwung. Hingga tengah malam tadi, Anies sempat memantau ketinggian air di pintu air Manggarai selama dua jam.

"Jadi, puncak dari luapan air sungai ciliwung sudah terjadi, dan sekarang mulai turun. Mudah-mudahan proses surutnya lebih cepat," ujar di Balai Kota Jakarta, Selasa (6/2).

Meski demikian, Anies belum mau menyebutkan apa upaya yang akan dilakukan sebagai solusi penuntasan banjir di Ibu Kota kedepan. Saat ini, ia lebih memilih untuk mencukupi kebutuhan 11.450 jiwa yang terdampak banjir.

"Sesudah itu, kita akan evaluasi satu-satu, apa yag terjadi lalu kita buatkan langkah kedepan buat mencegah kejadian seperti ini," terangnya.