Ombudsman klaim tak ada lonjakan mudik tahun ini

Kementerian Perhubungan dan BUMN menyelenggarakan mudik gratis lebaran 2022.

Anggota Ombudsman RI Hery Susanto dan Menteri BUMN Erick Thohir memantau pelaksanaan mudik gratis BUMN di Terminal Tanjung Priok, Selasa (26/4/2022). Foto dokumentasi Ombudsman.

Anggota Ombudsman RI (ORI), Hery Susanto menyebut lonjakan mudik musim lebaran ini tidak mengalami suatu peningkatan yang signifikan karena dampak pandemi Covid-19 yang membuat warga masih banyak yang mempertimbangkan untuk mudik ke kampung halamannya. 

Hal itu disampaikan Hery saat melakukan monitoring terkait pengawasan pelayanan pada mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Terminal Pulogadung dang Pelabuhan Tanjung Priok pada Selasa (26/4).

"Oleh karena itu kekhawatiran akan terjadi ledakan arus mudik yang begitu besar 167,27 % dari mudik lebaran 2021 lalu tampaknya tidak terjadi. Tapi bagaimanapun pemerintah, Ombudsman dan masyarakat yang mudik harus tetap mengantisipasi apapun yang akan terjadi dan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini," ujar Hery dalam keterangannya, Selasa.

Hery berharap arus mudik lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar, dan masyarakat dapat sampai di kampung halaman dengan lancar sampai tujuan dan kembali ke kota asalnya.

"Semoga apa yang dilaksanakan oleh warga negara Indonesia yang melaksanakan mudik pada lebaran tahun ini baik jalur darat, udara serta laut bisa berlangsung dengan baik dan lancar sampai tujuan ke kampung halaman dan kembali ke kota asal," katanya.