Omnibus Law Keamanan Laut diharap selesai tahun ini

Mahfud belum memastikan waktu penyelesaian Omnibus Law Keamana Laut.

Menkopolhukam Mahfud MD berada di geladak heli KRI Semarang-594 saat akan mengikuti joy sailing di Faslabuh Ranai, Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (15/1)/Foto Antara/Risyal Hidayat.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menyebut Omnibus Law Keamanan Laut sedang digodok.

Hal itu diungkapkan dia saat menghadiri Penandatangan Kesepakatan Bersama 13 Institusi dalam Pengawasan, Pengamanan, dan Pemanfaatan Sumber Daya Ikan di Laut Natuna Utara.

"Kalau Omnibus Law-nya (Keamanan Laut) nanti, sekarang sedang digarap di dalam mekanisme tersendiri," ujar Mahfud di Mabes Bakamla, Jakarta Pusat, Jumat (21/2).

Sebelumnya Kepala Badan Keamanan Laut, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, mengatakan bakal sowan ke kementerian dan lembaga lain yang memiliki kewenangan atas laut Indonesia, untuk menyelaraskan pandangan terkait Omnibus Law Keamanan Laut.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menambahkan, beleid sapu jagat tentang keamanan laut itu diharapkan bisa rampung pada tahun ini. Kendati demikian, dia belum memastikan waktunya.