One way di jalan tol diperpanjang sampai besok

Artinya, kendaraan yang menuju wilayah Jakarta, tetap bisa melintas di jalan tol dengan pengaturan sistem tertentu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau langsung situasi terkini arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), Jawa Barat, Jumat (29/4). Foto: Polri

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mensosialisasikan kemungkinan diperpanjangnya waktu penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) arus mudik one way dan ganjil genap (GaGe) dari Tol Cikampek KM 47 hingga Kalikangkung KM 414 pada H-3 Lebaran. Strategi rekayasa lalu lintas yang tadinya berakhir pada pukul 24.00 malam, kemungkinan diperpanjang hingga pukul 07.00 atau 08.00 WIB, Sabtu (30/4).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, penyesuaian kebijakan tersebut lantaran terdapat prediksi masih ada sekitar 211.000 masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. Angka tersebut mengalami peningkatan 45%  jika dibandingkan dengan volume kendaraan pada kemarin malam atau H-4 Lebaran. 

"Artinya masih ada sisa 211.000 pemudik yang akan melintas. Sehingga mau tidak mau kita perlu melakukan rekayasa kembali. Yang tadinya One Way kita buka sampai jam 24.00 WIB, kemungkinan akan kita geser disesuaikan dengan jumlah pemudik yang masih ada sisa 211.000. Jadi kebijakan akan kita buat sampai jam 07.00 atau 08.00 WIB pagi," kata Sigit saat meninjau langsung situasi terkini arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), Jawa Barat, Jumat (29/4).

Sigit menyebut, ketika nanti memasuki pukul 07.00 atau 08.00 WIB pada Sabtu, kebijakan one way tersebut akan dinormalkan hingga pukul 16.00 WIB. Artinya, kendaraan yang menuju wilayah Jakarta, tetap bisa melintas di jalan tol dengan pengaturan sistem tertentu.

"Kemudian dari Timur ke Barat akan dinormalkan mulai dari jam 08.00 pagi sampai 16.00 WIB. Itu beberapa perubahan yang tentunya akan kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Namun demikian jalur arteri baik yang ada di Pantura, dalam kota, masih bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang akan kembali mudik dari wilayah Timur, Tengah ke arah Barat," ujar Sigit.