PeduliLindungi "ganti baju" jadi SATUSEHAT Mobile, apa perbedaannya?

Fitur di dalam aplikasi SATUSEHAT Mobile lebih lengkap daripada sebelumnya karena ditambah fitur penunjang kesehatan personal.

Aplikasi PeduliLindungi. Foto Antara/Zabur Karuru

Aplikasi PeduliLindungi, yang dirilis saat pandemi Covid-19, kini bertransformasi menjadi SATUSEHAT Mobile. Perubahan berlaku per hari ini, Rabu (1/3).

Bagi masyarakat yang telah mengunduh PeduliLindungi, perlu memperbarui aplikasi, baik melalui Play Store ataupun App Store. Setelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan, pengguna hanya perlu masuk (login) dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar untuk memanfaatkan SATUSEHAT Mobile.

Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Setiaji, menyatakan, tahap awal pembaruan aplikasi sementara ini hanya ditujukan bagi pengguna iOS. Sistem operasi Android segera tersedia dalam waktu dekat.

“Profil anggota, sertifikat, dan tiket vaksin Covid-19 juga akan tersinkronisasi secara otomatis. Jadi, setelah memberikan persetujuan, pengguna SATUSEHAT Mobile tidak perlu repot membuat akun baru untuk mulai menggunakan SATUSEHAT Mobile,” tuturnya.

SATUSEHAT Mobile akan dilengkapi dengan fitur baru, diari kesehatan, selain memasukkan yang pernah ada di PeduliLindungi. Fitur diari kesehatan dapat mencatat sekaligus memantau kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat.