Pembantaian pekerja Istaka Karya bulatkan tekad Jokowi bangun Papua

Pembangunan jalan Wamena-Kenyam-Mamugu sepanjang 4.600 km itu tetap diteruskan.

Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan di Istana Merdeka, Jakarta. Setkab.go.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah tidak takut dengan aksi pembunuhan yang diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap sejumlah pekerja PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan di Kabupaten Nduga, Papua. Jokowi meminta agar tugas berat membangun Papua terus dilanjutkan.

“Kita tidak akan pernah takut, dan ini malah membuat tekad kita membara untuk melanjutkan tugas besar kita membangun tanah Papua,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka seperti dikutip Setkab.go.id di Jakarta, pada Rabu (5/12).

Menurut Presiden, dirinya telah memerintahkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar pembangunan jalan Wamena-Kenyam-Mamugu sepanjang 4.600 km itu tetap diteruskan.

“Harus segera diselesaikan karena dari Wamena ke Mamugu ini harus dibangun 35 jembatan. Artinya, PU jalan terus untuk membangun tanah Papua serta untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Jokowi.

Presiden mengakui pembangunan di Papua sangat sulit sekali. Selain letak geografis dan cuaca, medannya yang berada di ketinggian 3.000 sampai 4.000 meter di atas permukaan laut juga menjadi kendala.