Pemerintah diminta jelaskan status Indonesia soal Covid-19

Menyusul adanya kesangsian dari beberapa negara terkait klaim bebas coronavirus.

Calon jemaah umrah tertidur saat menunggu kepastian untuk berangkat ke Makkah, Arab Saudi, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Foto Antara/Muhammad Iqbal

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, meminta, pemerintah meyakinkan dunia internasional mengenai status Indonesia terkait wabah coronavirus jenis anyar (Covid-19). Menyusul banyaknya negara yang meragukan klaim Istana.

"Pemerintah harus mampu menjawab keraguan berbagai pihak," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (2/3).

Sejumlah negara mempertanyakan status Indonesia bebas Covid-19. Macam Australia, Singapura, dan Arab Saudi. Dus, melarang warganya berpelesiran ke nusantara dan sebaliknya.

Tak sekadar itu. Menurut studi peneliti Universitas Harvard, Amerika Serikat, ada potensi kasus coronavirus yang tak terdeteksi di Indonesia.

Sebarannya, bahkan meluas hingga ke 61 negara. Per Minggu (1/3), terdapat total 86.529 kasus secara global. Sebanyak 2.979 orang di antaranya, dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan 41.958 pasien lainnya, dinyatakan sembuh.