DPR minta pemerintah optimalkan sumber daya yang dimiliki untuk penanganan corona

Keselamatan dan kesehatan rakyat lebih lebih penting. Karena itu, pemerintah harus mengoptimalkan aset dan sumber daya yang dimiliki.

Seorang warga mengenakan masker saat deklarasi Bersama Lawan Corona (Covid-19) di Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (18/3). Foto Antara/Oky Lukmansyah/foc.

Korban meninggal pasien positif corona atau Covid-19 terus bertambah. Pemerintah didesak mengoptimalkan aset dan sumber daya yang dimiliki. Termasuk penggunaan pesawat untuk merespons semakin meluasnya pandemi Covid-19.

Anggota Fraksi PKB DPR RI Marwan Jafar menyatakan, pemerintah harus lebih cepat melakukan langkah-langkah antisipasi terkait kemungkinan terburuk penyebaran Covid-19. Sebab, setiap hari korban terus bertambah.

"Pemerintah dapat memaksimalkan sumber daya dan aset. Misalnya, pesawat yang dimiliki TNI, Polri, dan BUMN. Jika, diperlukan sewa pesawat, baik nasional maupun asing, jika sangat mendesak. Tapi, lebih baik menggunakan sumber daya sendiri," kata Marwan di Jakarta, Kamis (19/3).

Anggota Komisi VI DPR RI itu mengimbau, pemerintah menggunakan sumber daya pesawat yang dimiliki untuk keperluan kecepatan penanganan, pelayanan, koordinasi dan monitoring Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona.

Mantan Menteri Desa, Pembangunan Desa dan Tertinggal dan Transmigrasi itu menerangkan, penggunaan pesawat untuk memberikan pelayanan membawa pasien suspect corona dari satu tempat ke rumah sakit rujukan secara cepat. Terutama, bagi mereka yang tinggal jauh dari lokasi rumah sakit rujukan.