Pemerintah salurkan bansos beras lagi buat masyarakat miskin

Pemerintah, kata dia, memperkuat perlindungan kepada kelompok miskin dan rentan melalui tambahan anggaran bantuan sosial.

Ilustrasi. Alinea

Ada kabar gembira bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang sebelumnya pernah menerima bantuan sosial (bansos) beras. Pemerintah akan menyalurkan bansos beras kembali selama tiga bulan, yang akan disalurkan pada Oktober hingga Desember 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pemerintah telah menganggarkan sebesar Rp8 triliun untuk penyaluran bansos beras itu. Seperti penyaluran pada Maret hingga Mei lalu, bansos beras ini menyasar 21,35 juta KPM alias keluarga miskin. 

"Setiap keluarga mendapatkan 10 kilogram beras per bulan. Jadi, mereka akan mendapatkan 30 kilogram dalam tiga bulan," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa edisi Juli 2023 yang diselenggarakan secara luring dan daring, Senin (24/7).

Sri Mulyani menjelaskan, tambahan bansos beras tersebut diberikan lantaran menimbang kondisi perekonomian yang masih menghadapi sejumlah guncangan dan tekanan di tengah fase pemulihan. Pemerintah, kata dia, memperkuat perlindungan kepada kelompok miskin dan rentan melalui tambahan anggaran bantuan sosial.

Anggaran lainnya