Pemerintah sesalkan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan

Pemerintah sudah memperingatkan Gubernur DKI soal kegiatan di Petamburan.

Menko Polhukam, Mahfud MD. Foto Antara/M. Risyal Hidayat

Pemerintah menyesalkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 di ibu kota. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD merespons terjadinya pengumpulan ribuan orang pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Kerumunan massa, imbuhnya, paling tidak terjadi sejak 10 November 2020, yakni saat imam besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, kembali ke Indonesia.

Meski menyesali terjadinya pelanggaran protokol kesehatan tersebut, pemerintah belum melakukan penegakan hukum terhadap pelanggar.

"Pemerintah akan menindak tegas dan melakukan penegakan hukum bila masih melakukan pengumpulan massa dalam jumlah besar," ujar Mahfud dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (16/11).

Mahfud menambahkan, pemerintah sebetulnya sudah memperingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meminta penyelenggara maulid dan pernikahan memenuhi protokol kesehatan. Sebab, hal itu menjadi tanggung jawab Pemprov DKI berdasarkan hierarki kewenangan dan peraturan perundang-undangan.