Pemprov DKI bakal sidak ke kampung-kampung periksa kelistrikan

Pemprov DKI akan memberikan stiker untuk kampung atau rumah yang berpotensi kebakaran.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyerahkan kartu pekerja. Antara Foto

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke kampung-kampung yang ada di Jakarta untuk memeriksa ihwal kelistrikan. Sidak tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran yang kerap menimpa pemukiman padat penduduk di Ibu Kota. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan jika petugas Pemprov DKI pada saat sidak ke kampung atau rumah warga menemukan adanya kabel-kabel listrik yang semrawut atau tidak sesuai ketentuan, maka pihaknya akan memberikan tanda adanya potensi kebakaran.  

“Kampung yang di sana ditemukan ada seliweran kabel-kabel yang tidak sesuai ketentuan, berpotensi menghasilkan hubungan pendek, di situ kampungnya diberi tanda dan harus diperbaiki,” kata Anies Baswedan saat ditemui di Monas, Jakarta pada Senin (12/8).

Anies menjelaskan, pemberian tanda tersebut bertujuan untuk menyadarkan masyarakat, bahwa di kawasan tempat tinggalnya mempunyai risiko kebakaran. Karena itu, harus ada upaya perbaikan untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat hubungan arus pendek.

“Karena yang memasang itu kan bukan pemerintah, yang masang itu adalah masyarakat,” ucap Anies. "Kami sudah mulai sekarang memberikan sifatnya pencegahan. Dan pencegahan itu bukan hanya pemerintah dengan pihak yang punya risiko, tapi mengajak lingkungan sekitar.”