Perjuangan Manis dari lereng Gunung Argopuro

Keterbatasan akses sinyal dan fasilitas publik yang dirasakan tidak membuat semangat juangnya surut.

Manis, pria asal Probolinggo yang bertekad untuk lebih mensejahterakan para petani kopi lewat usahanya. Sejak pandemi melanda, Manis memulai untuk berjualan produk kopi, Jualan Masboy yang menjual produk para petani kopi di lereng Gunung Argopuro dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia.

Di usia 25 tahun, Manis memilih menjual kopi. Tinggal di lereng Gunung Argopuro, Jawa Timur (Jatim), yang susah sinyal tidak menyurutkan semangatnya membangun usaha. 

Pemuda asal Probolinggo, Jatim itu, fokus mengembangkan toko online-nya Jualan Masboy. Memilih mendirikan usaha sendiri saat pandemi, bukan perkara mudah. Dibutuhkan, ketekunan, keuletan, keterampilan, dan semangat.

Sebelumnya Manis, selama 10 tahun terakhir bekerja sebagai penjual kosmetik di Balikpapan, Kalimantan Timur. Akibat pandemi, lelaki kelahiran Probolinggo memilih pulang kampung. "Saya pulang ke kampung halaman dan memulai usaha sendiri lewat jalur online," kata Manis, sambil tersenyum, kepada Alinea.id, Senin (31/8).

Kini, lelaki berkulit sawo matang itu, fokus mengembangkan toko online-nya dengan nama Jualan MasBoy. Manis menjual aneka kopi mentah hasil panen petani setempat. 

Manis, tidak sekedar mencari keuntungan. Melalui usahanya, dia mempunyai cita-cita mulia untuk menyejahterakan para petani kopi di desanya. Beruntung, Manis dapat memanfaatkan akses internet untuk meluaskan pemasaran dari produknya.