Permasalahan setelah pencoblosan harus dibawa ke ranah hukum

Wiranto meminta agar permasalahan terkait pemilu tidak meluas menjadi polemik secara nasional.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto meminta agar polemik di tiap-tiap daerah yang berkaitan dengan pemilu dapat diselesaikan di jalur hukum. Ia juga meminta agar permasalahan tersebut tidak meluas menjadi polemik secara nasional.

“Apa yang terjadi dalam wilayah mengenai pemilu dapat diselesaikan di wilayah itu, apapun yang terjadi akibat pemilu,” ujar Wiranto membuka rapat koordinasi di Kemenko Polhukam, Kamis (18/4).

Wiranto mengungkapkan segala permasalahan yang mungkin terjadi setelah adanya hasil hitung cepat ataupun adanya indikasi kecurangan harus diselesaikan secara hukum. Oleh karenanya dalam rapat koordinasi yang dilakukan bersama dengan Kapolri, Panglima TNI, Jaksa Agung, Mendagri, dan Menkominfo dilakukan untuk mengambil langkah tepat apabila terjadi permasalahan seperti itu.

Secara keseluruhan, penyelenggaraan pencoblosan di seluruh wilayah dinyatakan aman, lancar dan damai. Wiranto pun mengapresiasi kerja seluruh pihak yang telah bekerja demi penyelenggaraan pemungutan suara.

“Secara umum pencoblosan atau puncak pemilu di semua wilayah telah berjalan aman lancar dan damai. Tidak ada satu insiden dalam sekala besar yang mengganggu kelancaran pemilu,” tuturnya.