Persiapan new normal, jangan ada peraturan yang berubah-ubah

Protokol Covid-19 harus selalu dijalankan dengan konsisten.

Sejumlah calon penumpang dengan mengenakan masker menunggu rangkaian KRL Commuterline di Stasiun KA Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (16/5/2020). Foto Antara/Aditya Pradana Putra/wsj.

Berbagai instansi pemerintahan, baik kementerian dan lembaga telah menyiapkan panduan atau pun protokol guna menyambut kehidupan new normal (kenormalan baru).

Merespons hal ini, Wakil Ketua Fraksi Nasdem DPR Willy Aditya, mengapresiasi langkah tersebut. Namun ia mengingatkan, agar kesiapan itu mulai disosilisasikan secara masif dan terukur.

"Sosialisasi secara masif dan terukur menjadi penting dan krusial," terang Willy lewat pesan tertulisnya, Selasa (26/5) malam.

Selain itu, Willy menyarankan agar pemerintah mulai berkoordinasi dengan perkantoran dan tempat tempat kerja lainnya. Hal ini penting dilakukan agar semangat menakar kehidupan normal baru bisa berjalan dengan seragam.

Misalnya saja yang terkait dengan infrastruktur pencegahan yang harus menjadi prasyarat dari kehidupan kenormalan baru. Sebagai contoh, berapa minimal tempat cuci tangan atau hand sanitizer yang harus disiapkan di sebuah area kerja.