Pesan Kepala BNN kepada generasi muda: Keren enggak harus pakai narkotika 

Sebanyak 1.730 remaja dari berbagai komunitas dibekali kemampuan mengenal diri dan memengaruhi teman sebaya untuk menolak narkoba.

Kepala BNN, Komjen Petrus Reinhard Golose (tengah), memberikan keterangan di Gedung BNN, Jakarta, pada Kamis (29/12/2022). Alinea.id/Gempita Surya

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Petrus Reinhard Golose, mengingatkan generasi muda agar tidak mudah terpengaruh dengan ajakan menyalahgunakan narkotika. Sebab, sesuai penelitian BNN, ajakan menjadi faktor yang membuat anak muda terjerat narkoba hingga terlibat jaringan peredarannya.

"Paling banyak ajakan teman, kemudian mereka sesudah itu baru nanti masuk bandar-bandar kecil narkotika ini untuk menjual narkotika. Jadi, saya tetap mengimbau anak-anak muda bahwa Anda keren, tapi tidak perlu menggunakan narkotika," kata Petrus saat ditemui wartawan di Gedung BNN, Jakarta, pada Kamis (29/12).

Dalam upaya memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, BNN mengusung strategi dengan pendekatan pencegahan dan pemberdayaan masyarakat. Strategi ini meliputi upaya membentengi para remaja dari narkotika.

Petrus mengatakan, BNN melakukan upaya pencegahan di lingkungan pendidikan melalui pengembangan kemampuan siswa di 34 SMP dan SMA sederajat. Ini dilakukan untuk melatih keterampilan nonteknis (soft skill) peserta didik secara mandiri, yang pada 2022 menyasar 4.590 murid.

"Dalam bersosial dan berkomunitas, 1.730 remaja dari berbagai komunitas dibekali kemampuan dalam mengenal diri dan memengaruhi teman sebayanya untuk menolak narkoba," ujar Petrus.