Pesan Ridwan Kamil di hari pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Mengutip syariat, Kang Emil mengingatkan agar rakyat menaati pemimpinnya.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berpose usai menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan harapannya kepada Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih yang akan dilantik hari ini.

"Saya sangat berharap yang baik-baik di periode pertama Jokowi dilanjutkan, yang kurang kurang diperbaiki," kata Kang Emil, sapaan akrabnya, yang turut menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Menurut Kang Emil, pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin harus menjadi momentum rekonsiliasi. Dia menyebut, kisruh politik selama Pemilu 2019 harus dihentikan.

"Kemudian saya berharap jangan melihat masa lalu lagi ya ... Kalau terlalu banyak lihat spion suka nabrak kira-kira begitu. Nah, saya bawa syariat sedikit ya, saya mengimbau rakyat Indonesia khususnya terkait syariat yang mengatakan taatlah kepada Allah, rasul dan pemimpin di antaramu," ujar Emil.

"Kalau pemimpinnya sudah dilantik dan terpilih mau dicoblos atau tidak, maka kita dukung. Karena beliau-beliau adalah nakhoda hidup kita selama lima tahun ke depan."