sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Relawan rayakan pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Relawan yang hadir dalam konser “Bersatu Indonesia Maju” membentangkan kain merah-putih melingkari bundaran Jalan Medan Merdeka Barat.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Minggu, 20 Okt 2019 19:05 WIB
Relawan rayakan pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Ribuan relawan Jokowi-Ma'ruf Amin mengungkapkan kebanggannya atas pelantikan keduanya sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Para relawan berkumpul dalam konser bertajuk “Bersatu Indonesia Maju”, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu (20/10).

Konser yang digelar memeriahkan pelantikan jagoan mereka di Pilpres 2019, menghadirkan sejumlah selebritas dan musisi. Mereka antara lain ialah Tika Panggabean dan Udjo Karim (Project Pop), Candil eks Seurieus, dan Ivy Batuta. Selain itu, grup band Radja dan trio RAN turut menggoyang penonton yang hadir.

Tak lama setelah kendaraan yang ditumpang Presiden terpilih Joko Widodo melewati Jalan Merdeka Barat pukul 14.25 WIB, untuk mengikuti prosesi pelantikan di Gedung DPR/MPR RI, sebagian relawan yang hadir dalam konser membangun atraksi kecil. Mengenakan kaus merah bertulisan “Pancasila NKRI Harga Mati” dan bergambar wajah Joko Widodo, sebagian dari mereka membentangkan kain berwarna merah dan putih. Sebagian yang lain memakai kaus putih bertulisan "Kawal Terus Jokowi-Amin" yang menerakan nama Komite Penggerak Nawacita (KPN).

 Sebagian relawan membentuk barisan untuk membentangkan kain merah-putih di di bundaran Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (20/10). Alinea.id/Robertus Rony Setiawan

Ribuan relawan itu bergerak dari Jalan Medan Merdeka Selatan, membangun gerakan menuju bundaran air mancur di persimpangan depan Patung Kuda. Mereka mencakup antara lain ibu-ibu, orang dewasa lelaki, para remaja SMA, dan sejumlah pemuda. Beberapa dari mereka membawa pula bendera-bendera merah-putih dari plastik berukuran kecil.

Sekitar pukul 15.00 WIB, kerumunan relawan berkaus merah dan putih itu telah membentuk bentangan kain merah putih yang melingkari pinggir bundaran air mancur tersebut.

Beragam pakaian adat

Arak-arakan itu juga dimeriahkan pasangan-pasangan yang mengenakan pakaian khas tradisional dari 34 provinsi, antara lain Jambi, Kalimantan Tengah, dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Sponsored

Rafil dan Saskia, misalnya, mengenakan pakaian khas tradisional Jambi yang identik dengan warna merah cerah. Rafil mengenakan jas merah disertai manik-manik emas. Tutup kepala mereka juga mencerminkan kemerlap kuning emas seperti menandakan ratu dan raja.

Rafil yang berasal dari Provinsi Riau, mengaku bangga dan senang tampil mengenakan pakaian khas dari daerah lain. Sementara Saskia tidak merasa keberatan untuk didandani dengan pakaian adat Jambi ini.

“Persiapannya singkat. Kami ada 34 pasangan, dan cuma tiga hari untuk menyiapkan diri memakai pakaian adat,” ucap Saskia yang berasal dari Kalimantan Barat, yang merupakan anggota komunitas di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah.

Rafil dan Saskia, pasangan pemuda yang mengenakan pakaian adat khas Jambi dalam atraksi di bundaran depan Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (20/10). Alinea.id/Robertus Rony Setiawan

Selanjutnya, tepat pukul 15.30 WIB, peserta arak-arakan itu bersama-sama menyimak rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang ditayangkan melalui layar LED di sebelah panggung konser.

Mereka pun bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan kompak, diikuti sikap khidmat mengheningkan cipta.