Jadi pimpinan DPRD DKI, Zita Anjani prioritaskan isu perempuan dan anak

Zita anjani memiliki latar belakang pendidik dan baru memulai karier di dunia politik.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 dari Fraksi PAN , Zita Anjani. Alinea.id/Eka Setiyaningsih

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Zita Anjani ditunjuk menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024, dari Fraksi PAN dalam rapat paripurna Kamis (3/10). Zita merupakan satu-satunya wanita di antara lima pimpinan DPRD DKI Jakarta.

Sebagai salah satu pimpinan di DPRD DKI, Zita mengaku akan memprioritaskan kebijakan tentang pendidikan dan kebijakan lain yang pro perempuan dan anak.

"Pertama pendidikan. Karena saya kan background-nya pendidik. Yang kedua, tentunya kebijakan-kebijakan dan anggaran yang pro wanita dan anak. Jadi saya mewakili wanita, satu-satunya di unsur pimpinan, supaya ke depannya kebijakan juga anggaran itu bisa berpihak kepada wanita dan anak," ucap Zita saat dihubungi reporter Alinea.id, Jumat (4/10).

Bagi dia, menyuarakan kepentingan demi kesejahteraan perempuan dan anak menjadi tanggung jawab yang harus diemban dalam kapasitasnya sebagai pimpinan DPRD. Apalagi kedua hal ini juga telah diamanatkan dalam undang-undang. 

Zita mengaku tidak minder atau rendah diri berada di antara pimpinan lain yang berjenis kelamin laki-laki. Dia justru merasa beruntung, karena menyampaikan aspirasi perempuan di DPRD, sehingga kebijakan yang dihasilkan tidak bias gender.