Pimpinan JAD Lampung pernah sembunyikan Abu Rara saat buron

Pimpinan JAD Lampung punya kaitan dengan JAD Jawa Tengah, JAD Jambi dan JAD Jawa Barat.

Polisi melakukan penggeledahan terhadap rumah terduga teroris. Antara Foto

Tiga terduga teroris yang ditangkap Detasemen Khusus atau Densus 88 di Lampung ternyata masih satu jaringan dengan Syahril Alamsyah atau Abu Rara, pelaku penusukan terhadap Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto. 

Demikian dikatakan Kepala Bagian Penerangan umum Mabes Polri, Asep Adi Saputra. Asep mengungkapkan, ketiga terduga teroris yang dibekuk itu masing-masing berinisial IU (43), LH (41), dan AH (27). Ketiganya ditangkap pada waktu berbeda. Terduga IU ditangkap pada 18 Oktober 2019, LH pada 19 Oktober 2019 dan AH pada 14 Oktober 2019.

Dari ketiga pelaku tersebut, kata Asep, satu orang yakni AH merupakan tokoh penting Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Lampung. Menurut Asep, kelompok JAD Lampung ini berkaitan dengan kelompok JAD Bekasi pimpinan Abu Rara. Bahkan salah satu teroris pernah menyembunyikan Abu Rara saat masih berstatus buron.

“Terduga AH yang menybunyikan teroris yang beberapa lalu ditangkap, yakni SA alias Abu Rara," kata Asep di Jakarta pada Senin (21/10).

Sebagai tokoh penting, kata Asep, AH punya kaitan dengan JAD Jawa Tengah, JAD Jambi dan JAD Jawa Barat. Sementara itu untuk peranan IU dan LH, keduanya telah mengikuti idad atau pelatihan militer bersama dengan kelompok JAD pimpinan Misgiarto. Keduanya merupakan simpatisan ISIS.