PKS buka jalan Abraham Samad menuju Pilpres 2019

PKS akan mengajukan nama Abraham Samad ke Majelis Syuro sebagai calon alternatif di Pilpres 2019.

Mantan Ketua KPK Abraham Samad (kiri) dan Presiden PKS Sohibul Iman menjawab pertanyaan seusai melakukan pertemuan secara tertutup di Kantor DPP PKS Jakarta, Kamis (24/5)/Antara Foto

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengunjungi kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jalan TB Simatupang, Jakarta, Kamis (24/5). Presiden PKS Sohibul Iman menyatakan, dalam pertemuan tertutup yang berlangsung selama satu jam itu, Samad tak menyampaikan niatannya untuk maju di Pilpres 2019 melalui PKS.

"Saya tahu kalau Pak Abraham punya keinginan ke sana. Tapi tadi tidak ada pembicaraan khusus," kata Sohibul.

Menurut dia, ada mekanisme yang harus dilalui jika Samad ingin maju di gelaran Pilpres 2019 melalui PKS. Meski demikian, Sohibul membuka pintu bagi Samad untuk mengikuti mekanisme tersebut. 

Oleh karenanya, Sohibul mengatakan dirinya akan mengajukan nama Samad ke Majelis Syuro PKS sebagai calon alternatif yang bakal diusung dalam Pilpres 2019.

"Ini kan baru ketemu, sedangkan untuk diusung di Pilpres harus ada keputusan Majelis Syuro. Nanti kami sampaikan ke Majelis Syuro," kata Sohibul.