PNS bekerja dari rumah dinilai bisa pangkas birokrasi yang berbelit

PNS bisa bekerja dari rumah karena penerapan teknologi 4.0.

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat masuk kerja kali pertama setelah libur Lebaran. Antara Foto

Wacana Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja dari rumah dinilai bisa berdampak positif. Salah satunya memangkas birokrasi yang selama ini berbelit-belit. Demikian dikatakan Peneliti Ahli Utama Bidang Politik Kebijakan Publik (P2P) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syafuan Rozi. 

Rozi menjelaskan, wacana PNS bekerja dari rumah sebenarnya tidak terlepas dari perkembangan teknologi industri 4.0. Ketika Indonesia memasuki era tersebut, ada perubahan-perubahan yang berdampak pada cara kerja. Cara kerja inilah yang disebut cloudy works

Istilah tersebut, kata dia, gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet untuk dunia kerja, termasuk birokrasi yang dapat menembus ruang dan waktu atau flexible time and flexible place. Dengan menerapkan industri 4.0, maka Indonesia mau tak mau harus beralih. 

“Kalau tidak beralih, Indonesia akan tertinggal. Daya saing Indonesia akan jauh (menurun) dan menjadi negara primitif, pelayanan negera yang lamban, dan sulit memangkas birokrasi yang berberlit-belit. Selain itu, PNS-nya tidak bahagia karena terkurung di tempat kerja,” kata Rozi  kepada Alinea.id, Senin (12/8).

Sebagai upaya menuju ke arah sana, Rozi menuturkan, memang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB telah merekrut generasi muda yang sudah melek teknologi. Mereka yang sudah mendapat pelatihan pun mengerti dan cukup terbiasa menggunakan internet untuk mendukung pekerjaan mereka.