Polisi bongkar penipuan atas nama wakapolres

Tersangka menipu dengan mengelabui korban adanya uang kelebihan ditransfer.

Ilustrasi Pixabay.

Polres Jakarta Barat membongkar kasus penipuan yang mencatut nama Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo Teguh Prakoso. Pelaku adalah dua orang napi penghuni salah satu lapas berinisial SE dan MR.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Joko Dwi Harsono mengatakan, kedua pelaku mengganti data dari Bismo yang dulu pernah menjabat sebagai Kapolres di Ciamis dan Majalengka. Mereka meminta uang kepada pengusaha-pengusaha di kawasan tersebut. 

"Jadi kedua orang ini mengedit data Wakapolres dengan mengambil foto dan data dari google. Kemudian diedit seakan-akan itu benar Wakapolres. Mereka edit dengan menggunakan aplikasi," kata Joko saat dikonfirmasi, Kamis (16/6).

Joko menjelaskan, para pelaku mendapatkan kontak para pengusaha-pengusaha tersebut berdasarkan penelusuran di google. Kemudian, mereka mengechat korban dengan mengaku sebagai Wakapolres Metro Jakarta Barat. 

Salah satu percobaan penipuan yang mereka lakukan yaitu dengan mencoba membohongi pengusaha tenda. Mereka menyampaikan kepada pengusaha tenda tersebut bahwa ada kelebihan uang yang telah ditransfer ke rekening pengusaha tenda.