Polisi dalami seseorang diduga Bjorka

Seorang warga Jawa Timur tengah didalami karena diduga sosok Bjorka.

Ilustrasi Bjorka. Dok Freepik.

Tim khusus bentukan Menkopolhukam, Kemenkominfo, BSSN, BIN, dan Polri tengah mendalami seorang terduga peretas kondang, Bjorka. Penangkapan telah dilakukan terhadap Bjorka di Jawa Timur.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, hingga saat ini penyidik belum dapat memastikan orang tersebut adalah sosok Bjorka. Pendalaman itu masih dilakukan oleh tim khusus dan hasilnya akan disampaikan oleh Menkopolhukam Mahfud MD. 

“Belum, belum disimpulkan seperti itu (hacker Bjorka). Karena masih didalami oleh timsus,” kata Dedi kepada wartawan, Kamis (15/9). 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengungkapkan tidak ada data rahasia negara yang bocor akibat ulah hacker Bjorka. Aksi peretas tersebut menjadi sorotan lantaran mengklaim telah membobol ribuan surat-surat penting yang dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo.

Bjorka bahkan juga mempublikasikan informasi yang diduga merupakan  data-data pribadi milik sejumlah pejabat publik. Mulai dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.