Politikus PAN nilai mudik Lebaran 2022 dongkrak ekonomi daerah

Menurut Guspardi Gaus, hampir semua daerah di Indonesia merasakan efek positif saat momentum mudik.

Anggota Komisi II DRP dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus. Foto: dpr/go.id/MAN

Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus, menilai mudik Lebaran 2022 turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah dan berkonstribusi kepada ekonomi nasional.

"Diperbolehkannya mudik lebaran pada tahun ini memang jadi momen vital dalam menggerakan roda perekonomian. Khususnya didorong oleh spending (pengeluaran) konsumsi masyarakat," ujar Guspardi kepada wartawan, Selasa (10/5).

Guspardi menjelaskan, hampir semua daerah di Indonesia merasakan efek positif dengan mudik ke daerah masing-masing. Diperkirakan lebih 80 juta orang di Indonesia melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini.

"Jika diasumsikan setiap pemudik membelanjakan uang rata-rata Rp1,5 juta saja di tempat mudik, artinya sudah lebih Rp120 triliun perputaran uang di daerah," katanya.

Guspardi menilai, kegiatan mudik dan Lebaran 2022 berpengaruh sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah. Bagi dia, arus mudik juga akan memunculkan redistribusi atau perputaran uang ke daerah yang diperkirakan mencapai 75% dari total spending money perantau yang mudik.