Polri kerahkan lebih dari 5.700 personel amankan G20 di Bali

Pengamanan dilakukan selama 10 sejak 7 November 2022.

Ilustrasi personel Polri. Foto Antara/Hafidz Mubarak A.

Polri melakukan operasi pengamanan terpusat selama 10 hari guna menyukseskan Presidensi G20 di Indonesia. Operasi akan berlangsung di Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB), 7-17 November 2022.

"Artinya, operasi kepolisian yang diselenggarakan mulai dari Mabes Polri sampai ke tingkat kewilayahan di tingkat Bali-NTB yang akan dilaksanakan selama 10 hari," kata Asops Kapolri, Irjen Agung Setya Imam Effendi, dalam keterangannya, Kamis (22/9).

Sebanyak 5.746 personel dikerahkan dalam operasi ini. Jumlahnya disesuaikan dengan kondisi yang berkembang di lapangan. Perlengkapan dengan kapal, helikopter, dan mobil pengawalan juga akan diterjunkan.

"Cadangan anggota kita yang siap sekitar 1.600 personel. Polri siapkan kendaraan khusus berupa kapal, helikopter, dan mobil pengawalan," ujar Agung. 

Pengamanan ini juga akan bergandengan dengan TNI, Paspampres, BNPB, Basarnas, dan pemangku kepentingan lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan delegasi lainnya dapat pengawalan dengan baik.