Polri laporkan lalu lintas Jabodetabek ke Jawa lancar

Peningkatan kendaraa sudah terjadi meski tidak signifikan.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigadir Jenderal Aan Suhanan melaporkan hasil pantauan lalu lintas operasi candi jelang Nataru 2023 pada hari Jumat (23/12) di kawasan Korlantas Polri, Sabtu (24/12). (Erlinda PW)

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigadir Jenderal Aan Suhanan, mengatakan arus lalu lintas (lalin) menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) sejak Jumat (23/12) hingga Sabtu (24/12) pagi tidak ada pemberlakuan rekayasa, baik di jalur arteri, pantura, jalur tengah, maupun tol di Jabodetabek ke arah Jawa. Kendati demikian, ia mengakui ada peningkatan kendaraan meski tidak signifikan.

Kemudian Aan juga melaporkan, fungsionalisasi beberapa ruas jalan tol berjalan dengan lancar.

"Tol Cisumdawu selama 24 jam sampai tadi pagi masih normal, artinya tidak ada pengalihan. Kemudian di tol Demak-Sayung juga lancar, tol Bocimi sampai Cibadak lancar. Intinya seluruh kegiatan pada hari pertama kemarin, masih berjalan normal reguler walau ada peningkatan dari Jabodetabek ke Jawa," ujar Aan dalam konferensi pers terkait pantauan arus lalin jelang Nataru 2023 di kantor Korlantas Polri, Sabtu (24/12).

Aan menambahkan, untuk pantauan lalin Nataru hari pertama, lonjakan kendaraan terjadi pada puncaknya pukul 16.00-17.00 WIB dengan total kendaraan mencapau 4.000 per jamnya. Sedangkan, untuk kendaraan ke arah Barat melalui Pelabuhan Merak dilakukan delayed system melalui tol Cikopo dan tol Cikupa, rest area 43 dan 68, serta jalur Cikuas atas.

"Semua berjalan normal tidak ada hambatan di rest area 43 maupun 68 pada saat pelaksanaan delayed system," ucap Aan.