Polri siap amankan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 akan berlangung 20 Oktober 2019.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal memberikan keterangan pada wartawan terkait perkembangan kericuhan 21-22 Mei 2019 di Media Center Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/6)./ Antara Foto

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal menyatakan pihaknya sangat siap untuk mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Dia mengatakan, pihaknya menggunakan sandi Operasi Mantap Brata dalam pengamanan tersebut.

"Insya Allah enggak ada apa-apa, tapi tetap kita antisipasi segala hal," kata Iqbal usai menghadiri acara puncak perayaan HUT Bhayangka ke-73 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (7/7).

Iqbal berharap, seluruh elemen masyarakat juga dapat bekerja sama untuk turut mengamankan proses pelantikan. "Terutama pers juga, kami mengharapkan kerja samanya, sehingga puncak dari pada pesta demokrasi ini selesai dengan baik," ucap dia.

Namun Iqbal mengatakan, pihaknya belum menyusun strategi personel yang akan diturunkan. Sebab proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masih berlangsung tiga bulan lagi. "Nanti akan kita prediksi ya. kan juga masih lama," ucapnya.

Berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jokowi-Ma’ruf terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 dengan perolehan suara 85.607.362.