Prabowo beber hasil rapat dengan DPR soal Hankam

Pemerintah dan DPR berkomitmen wujudkan modernisasi alutsista.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bersama Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono (kiri) mengikuti rapat kerja soal pertahanan dan keamanan bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1)/Foto Antara/Puspa Perwitasari

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membeberkan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi I DPR dan Kementerian Pertahanan (Kemhan), Kementerian Luar Negeri (Kemlu), serta TNI. 

Salah satunya, kata Prabowo, pemerintah dan DPR sepakat melakukan peningkatan pertahanan menyusul semakin nyatanya ancaman asing sebagaimana terjadi di perairan Natuna Utara belum lama ini.

Prabowo mengaku mendorong agar ada semacam perbaikan dalam konteks pertahanan dan keamanan (Hankam), misalnya dengan melakukan modernisasi alutsista.

"Yah, meningkatkan pertahanan tentunya ya, kita perlu modernisasi alutsista. Kita harus memperbaiki yang kita punya supaya kita punya kemampuanlah untuk kita menegakkan kedaulatan kita," ujar Prabowo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/1).

Dia menyebut DPR mendukung hal itu karena pemerintah dan DPR telah memiliki kesepemahan bahwa kedaulatan Indonesia tidak dapat ditawar-tawar.