Prabowo-Megawati resmikan patung Bung Karno naik kuda

Prabowo menyatakan, pemilihan tanggal peresmian dinilai tepat karena 6 Juni sebagai hari lahir sang proklamator. 

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa warga saat acara Prabowo Menyapa Yogyakarta di Alun-alun Selatan Yogyakarta. Foto Antara

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno menunggangi kuda di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Minggu (6/6). Dalam sambutannya, Prabowo mengatakan, patung terinspirasi dari momen Bung Karno menjadi inspektur upacara Hari Angkatan Perang pada 5 Oktober 1946 di Yogyakarta.

Menurut Prabowo, pimpinan tentara saat itu meminta Bung Karno menjadi inspektur upacara dengan menaiki kuda sebagaimana tradisi yang berlaku.

"Kita mengetahui sejarah, bahwa pada saat itu Bung Karno jarang naik kuda, tetapi karena beliau sadar peran beliau sebagai Panglima Tertinggi, akhirnya beliau latihan hanya tiga hari dan kemudian bersedia menjadi inspektur upacara di atas kuda," ujar Prabowo dikutip dari Youtube PDI Perjuangan.

"Karena itulah Kemenhan merasa bangga untuk membuat patung di mana Panglima Tertinggi kita pertama di atas kuda," sambungnya.

Prabowo menyatakan, pemilihan tanggal peresmian dinilai tepat karena 6 Juni diketahui sebagai hari lahir sang proklamator. Lebih lanjut, dia mengingatkan, agar semua pihak mempertahankan nilai-nilai yang telah dilahirkan putra sang fajar.