Prabowo titip pesan untuk Polri agar jadi keunggulan Indonesia

Polisi merupakan komponen yang sangat penting dari pertahanan keamanan rakyat semesta atau hankamrata.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi narasumber pada acara Dialog Kebangsaan dengan tema “Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dalam Kebhinekaan” di Gedung Utaryo Sespim Lemdiklat Polri, Bandung, Jumat (16/6/2023). Foto Kemhan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengingatkan, agar Korps Bhayangkara menjadi polisi yang unggul sebagai kebutuhan Indonesia. Menurutnya, polisi yang unggul menjadi salah satu dasar dari sebuah negara yang kuat.

Prabowo mengatakan, sejak lahir, kepolisian dipastikan bukan buah kolonialisme. Pasalnya, pada masa peperangan dulu, polisi juga turut serta memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Kita butuh polisi yang unggul itu dalam sejarah peradaban manusia," katanya di Gedung Sespimma Lemdiklat Polri, Lembang, Jawa Barat, Jumat (16/6).

Prabowo pun menekankan, polisi merupakan komponen yang sangat penting dari pertahanan keamanan rakyat semesta atau hankamrata. Prabowo mengungkap paham betul akan sejarah kepolisian lantaran pamannya juga seorang anggota Korps Bhayangkara.

Ia kemudian menuturkan, cerita seorang polisi lain yang menginspirasi dirinya. Tidak lain adalah Subianto, sang paman.