Riset ungkap Prabowo tokoh kontroversial di antara 4 menteri Jokowi

Prabowo paling banyak dibicarakan netizen dalam 100 hari Kinerja Kabinet Indonesia Maju.

Prabowo Rapat kerja dengan komisi 1 DPR soal Hankam Senin (20/1)/Foto Antara/Puspa Perwitasari

Riset Indonesia Indicator (I2) mencatat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi tokoh kontroversial yang paling banyak dibicarakan netizen (Twitter), dalam 100 hari Kinerja Kabinet Indonesia Maju.
 
Riset sepanjang 20 Oktober 2019 hingga 24 Januari 2020 itu mencatat sebanyak 710.968 cuitan yang kemudian direspons netizen lainnya hingga mencapai 1.781.945 aktivitas dalam bentuk retweet, mention, dan reply.

Melalui Social Network Analysis (SNA), I2 mengungkap sebanyak 49,46 persen netizen bersikap netral atas berbagai aktivitas dan kebijakan Prabowo, dan tidak secara langsung memihak kepada Prabowo. Polarisasi masa pilpres masih terasa, meski sudah mulai menurun.

"Terdapat 28,12% akun oposisi yang masih mendukung Prabowo, dan terdapat 14,61 persen akun pro-pemerintah yang sebelumnya bukan pendukung Prabowo. Kedua kelompok akun ini tidak saja hanya memberi dukungan, namun juga sesekali terlihat menyindir Prabowo," papar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, Senin (3/2)

Selain Prabowo, ada empat nama menteri lainnya yang paling banyak dibicarakan netizen di Twitter yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, dan Menag Fachrul Razi.

Menteri BUMN Erick Thohir, dalam riset itu, juga tercatat menjadi figur menteri yang paling banyak mendapatkan dukungan dari warganet. Nama Erick Thohir dicuit warganet sebanyak 401.585 kali yang kemudian direspons netizen lainnya hingga 1.362.620 aktivitas dalam bentuk reply, retweet, dan mention.