Presiden akan putuskan kebijakan vaksinasi mandiri

Presiden memastikan, vaksinasi akan terus dipercepat agar sampai ke masyarakat sesuai waktunya.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada perayaan Hari Sumpah Pemuda secara virtual, Rabu (28/10/2020). Foto tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo meminta agar proses vaksinasi Covid-19 dapat dipercepat. Dengan segala sumber daya yang dimiliki oleh Indonesia, dia meyakini bisa memberikan vaksinasi kepada satu juta dalam waktu satu hari.

Dia menguraikan, dengan kekuatan sebanyak 30.000 vaksinator, lalu 10.000 puskesmas, dan 3.000 rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia, seharusnya tidak sulit untuk dapat memvaksin masyarakat dengan cepat.

"Katakanlah hitung-hitungan 30.000 vaksinator dengan masing-masing dalam satu hari bisa mengerjakan 30 orang yang divaksin. Artinya sehari sudah hampir 1 juta orang. Apalagi setiap tahun kita memberikan vaksinasi imunisasi kepada anak-anak," katanya dalam acara Kompas 100 CEO Forum, Kamis (21/1).

Dengan kekuatan sebesar itu, seharusnya proses vaksinasi terhadap 270 juta penduduk Indonesia dapat dilakukan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Itulah sebabnya, presiden memastikan, vaksinasi akan terus dipercepat agar sampai ke masyarakat sesuai waktunya.

"Ini pernah saya bilang. Seharusnya vaksinasi selesai tidak sampai setahun," ujarnya.