Presiden Jokowi usai divaksin: Pegal-pegal, sama seperti yang dulu

Jokowi soroti rendahnya realisasi penyuntikan vaksin Covid-19 pada tenaga kesehatan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali disuntik vaksin Covid-19 pagi ini, Rabu (27/1) di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi menerima suntikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal Tiongkok untuk dosis kedua.

Sebelum divaksin, mantan Wali Kota Solo itu nampak berdiskusi dengan dokter yang hendak menyuntiknya. Jokowi kemudian menurunkan lengan jaket bagian bahu kanannya pertanda vaksin akan disuntikkan.

Presiden mengikuti alur proses penyuntikan dosis kedua tersebut, sebagaimana pemberian vaksin Covid-19 pada Rabu (13/1) lalu. Setelah pengecekan kondisi kesehatan, Jokowi disuntik pada bagian bahu setelah digosok alkohol terlebih dahulu. Kemudian, Jokowi menuju meja ke-4 untuk monitoring dan pencatatan.

Pascadisuntik, Jokowi menunggu selama 30 menit untuk memastikan tidak ada atau jika muncul gejala, reaksi, alergi yang tidak diinginkan.

Pemberian vaksin Covid-19 memang membutuhkan dua kali penyuntikan. Masing-masing sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari. Penyuntikan dosis pertama bertujuan memicu respons awal sistem kekebalan tubuh.