Presiden minta pemda perbanyak program padat karya

Belanja pemerintah pusat melalui APBN maupun pemda dengan APBD satu-satunya penggerak perekonomian masyarakat sekarang ini.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada perayaan Hari Sumpah Pemuda secara virtual, Rabu (28/10/2020)/Foto tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) memperbanyak program padat karya. Hal tersebut, untuk memperkuat daya beli dan meningkatkan konsumsi masyarakat.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2021, Kamis (11/02), di Istana Negara, Jakarta.

"Perbanyak program padat karya agar ini bisa memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan konsumsi masyarakat," ujar Presiden dikutip dari laman setkab.go.id, Kamis (11/2).

Jokowi menjelaskan, belanja pemerintah baik pemerintah pusat melalui APBN maupun pemda dengan APBD menjadi satu-satunya penggerak perekonomian masyarakat sekarang ini. "Masyarakat di bawah harus diberikan penghasilan yang seluas-luasnya, diberikan pekerjaan yang seluas-luasnya," tuturnya.

Presiden menilai, banyak yang bisa dilakukan oleh pemerintah kota melalui program padat karya yang dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, seperti perbaikan jalan kampung, perbaikan saluran air di pembersihan saluran air di kota, perbaikan puskesmas, perbaikan posyandu, hingga perbaikan sekolah.