Presiden perintahkan rekonstruksi Lombok dilakukan segera

Presiden Jokowi memerintahkan Menteri BUMN untuk menyuplai semen dan baja untuk keperluan rekonstruksi di Lombok.

Presiden Joko Widodo (kiri) bersalaman dengan anak korban gempa di Posko Pengungsian Dusun Karang Subagan, Desa Pemenang Barat, Pemenang, Lombok Utara, NTB, Selasa (14/8)./Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya segera melakukan rekonstruksi fasilitas umum dan rumah warga yang rusak akibat gempa Lombok yang terjadi pada Minggu (5/8). Untuk itu, Jokowi telah memerintahkan Menteri BUMN untuk memprioritaskan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam pengiriman semen dan baja, guna keperluan rekonstruksi.

"Yang berkaitan dengan semen, hari ini akan mulai disuplai besar-besaran ke sini. Harga tidak akan naik serupiah pun, langsung dari pabrik. Baja juga sama, sudah saya perintahkan tadi malam untuk langsung disuplai. Hari ini sudah berangkat," kata Presiden di Dusun Trengan, Kecamatan Pemenang Timur, Kabupaten Lombok Utara, Selasa (14/8).

Upaya ini diharapkan tidak hanya mengatasi kebutuhan terhadap bahan bangunan yang diperlukan untuk melakukan rekonstruksi. Suplai besar-besaran yang dilakukan pemerintah, juga diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan harga bahan-bahan tersebut, mengingat permintaan yang meningkat setelah terjadinya bencana gempa.

Selain bahan bangunan, Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 juta untuk tiap rumah warga yang mengalami kerusakan berat. Adapun untuk rumah dengan kerusakan sedang, akan mendapat bantuan sebesar Rp25 juta.

Selain rumah-rumah warga, Presiden memerintahkan jajarannya segera membangun kembali pasar-pasar yang roboh akibat gempa. Bangkitnya pasar diharapkan dapat membuat aktivitas ekonomi warga setempat kembali normal.