Shin Tae-yong: Meski kalah terus, timnas masih ada harapan

"Saya terima tawaran dari PSSI karena meski dalam lima pertandingan terakhir timnasnya selalu kalah, masih ada harapan untuk ke depan."

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri) berjabat tangan dengan Pelatih Timnas Indonesia senior yang baru Shin Tae-Yong (kedua kanan) disaksikan Wakil Ketua Umum Iwan Budianto (kanan) dan Sekretaris Jenderal Ratu Tisha (kiri) saat diperkenalkan ke media di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Foto Antara/Yulius Satria Wijaya.

PSSI resmi memperkenalkan pelatih sepak bola asal Korea Selatan, Shin Tae-yong sebagai juru taktik tim nasional Indonesia dengan masa kerja empat tahun.

"Finalisasi kontrak telah selesai dilaksanakan,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule, saat perkenalan resmi Shin Tae-Yong sebagai pelatih timnas di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12).

Shin menggantikan posisi Simon McMenemy, yang gagal memenuhi target kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Saya terima tawaran dari PSSI karena meski dalam lima pertandingan terakhir timnasnya selalu kalah, walaupun banyak kekurangan juga, tapi masih ada harapan-harapan untuk ke depan," kata mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

Shin sendiri mengakui menangani timnas sepak bola Indonesia menjadi tantangan tersendiri, apalagi saat ini Indonesia menghuni posisi 173 dalam daftar peringkat FIFA.