Kementerian PUPR targetkan perbaikan Jalan Bypass Banjarmasin rampung Desember 2022

Progres konstruksi sudah mencapai lebih dari 90% hingga pertengahan Oktober 2022.

Ruas Jalan Bypass Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Dok. Humas Kementerian PUPR)

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya meningkatkan konektivitas antarpusat pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah. Salah satunya, melalui pemeliharaan atau preservasi jalan arteri nasional di ruas jalan Simpang Handil Bakti (Simpang Serapat)-KM 17 Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menilai, konektivitas antarwilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien. Termasuk dengan adanya pemeliharaan di ruas jalan bypass Banjarmasin ini. 

"Dengan konektivitas yang semakin lancar akan membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut," kata Basuki dalam keterangannya di situs resmi Kementerian PUPR, Senin (24/10).

Adapun pekerjaan preservasi Jalan Simpang Handil Bakti (Simpang Serapat)-KM 17 ini ditargetkan rampung pada Desember 2022. Proyek konstruksi dilakukan oleh kontraktor PT Wijaya Karya- PT Pandji dengan konsultan pengawas PT Winsolusi Konsultan-PT Nusvey-PT Wira Widyatama sejak 16 November 2020.

Semengtara, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Syauqi Kamal menyebut, progres konstruksi sudah mencapai lebih dari 90% hingga pertengahan Oktober 2022.