Pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai segera dirampungkan

Pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk fasilitas tamu KTT G20.

Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, November 2019. Google Maps/Graziella Minardi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan peningkatan infrastruktur di Provinsi Bali. Hal ini dilakukan guna mendukung Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November mendatang.

Salah satunya yakni melalui pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Infrastruktur ini nantinya akan mempermudah akses tamu KTT G20 setibanya di Indonesia.

"Bali yang akan menjadi pusat lokasi penyelenggaraan KTT G20 dengan tema Recover Together, Recover Stronger, akan dibuat lebih ramah lingkungan melalui kegiatan pembenahan infrastruktur kawasan yang didukung dengan penghijauan yang masif," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Kamis (29/9).

Pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dilakukan di atas lahan PT Angkasa Pura I seluas 5.670 meter persegi. Saat ini, progres fisik pembangunan telah rampung 99,96%.

Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Boby Ali Azhari memastikan, seluruh pekerjaan tuntas pada akhir September 2022.