Ratusan buruh hingga petani akan demo di Kemendag hari ini

Ada tiga tuntutan yang akan disuarakan dalam aksi kali ini.

Presiden KSPI yang juga Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, berorasi saat demonstrasi di Jakarta. Foto Antara/Muhammad Adimaja

Sejumlah elemen buruh hingga petani se-Jabodetabek dijadwalkan akan menggelar aksi massa di Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada hari ini (Selasa, 22/3). Jumlahnya ditaksir mencapai ratusan orang.

"Jumlah massa yang akan melakukan aksi unjuk rasa kurang lebih 300 orang," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, dalam keterangan tertulis, Senin (21/3) malam. Aksi bakal dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

Dirinya menerangkan, ada tiga tuntutan dalam demonstrasi tersebut. Yakni, meminta harga minyak goreng dan bahan pokok diturunkan serta mengganti Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi.

"Kita meminta pemerintah melakukan stabilisasi harga dan menurunkan harga bahan pokok, termasuk minyak goreng. Kenaikan harga kebutuhan bahan pokok, apalagi menjelang Ramadan dan Idulfitri, tentu ini akan memberatkan masyarakat," tuturnya.

Menurut Presiden Partai Buruh ini, hal tersebut mesti dilakukan pemerintah mengingat kenaikan upah minimum kabupaten/kota dan provinsi (UMK/UMP) 2022 terbilang kecil. Bahkan, beberapa daerah tidak mengalami perubahan.