Relawan rayakan pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Relawan yang hadir dalam konser “Bersatu Indonesia Maju” membentangkan kain merah-putih melingkari bundaran Jalan Medan Merdeka Barat.

Relawan mengibarkan bendera merah putih saat mengikuti pesta rakyat di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Minggu (20/10)./ Antara Foto

Ribuan relawan Jokowi-Ma'ruf Amin mengungkapkan kebanggannya atas pelantikan keduanya sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Para relawan berkumpul dalam konser bertajuk “Bersatu Indonesia Maju”, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu (20/10).

Konser yang digelar memeriahkan pelantikan jagoan mereka di Pilpres 2019, menghadirkan sejumlah selebritas dan musisi. Mereka antara lain ialah Tika Panggabean dan Udjo Karim (Project Pop), Candil eks Seurieus, dan Ivy Batuta. Selain itu, grup band Radja dan trio RAN turut menggoyang penonton yang hadir.

Tak lama setelah kendaraan yang ditumpang Presiden terpilih Joko Widodo melewati Jalan Merdeka Barat pukul 14.25 WIB, untuk mengikuti prosesi pelantikan di Gedung DPR/MPR RI, sebagian relawan yang hadir dalam konser membangun atraksi kecil. Mengenakan kaus merah bertulisan “Pancasila NKRI Harga Mati” dan bergambar wajah Joko Widodo, sebagian dari mereka membentangkan kain berwarna merah dan putih. Sebagian yang lain memakai kaus putih bertulisan "Kawal Terus Jokowi-Amin" yang menerakan nama Komite Penggerak Nawacita (KPN).

Ribuan relawan itu bergerak dari Jalan Medan Merdeka Selatan, membangun gerakan menuju bundaran air mancur di persimpangan depan Patung Kuda. Mereka mencakup antara lain ibu-ibu, orang dewasa lelaki, para remaja SMA, dan sejumlah pemuda. Beberapa dari mereka membawa pula bendera-bendera merah-putih dari plastik berukuran kecil.