Respons gejolak di Papua, WNI di AS gelar aksi damai

Aksi damai akan berlangsung secara serentak di 12 titik di Amerika Serikat.

Penari Papua mementaskan tarian Yospan Papua saat acara 'Papua Adalah Kita' di halaman Museum Fatahillah, kawasan Kota Tua, Jakarta, Jumat (6/9). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sejumlah WNI di Amerika Serikat akan menggelar aksi damai bertajuk "Kumpul-kumpul Kitong Basodara" untuk menanggapi gejolak yang terjadi di Papua. Pihak penyelenggara, Amerika Bersatu, menyatakan bahwa aksi ini bertujuan untuk menunjukkan kepedulian serta memberikan dukungan bagi masyarakat Papua.

Amerika Bersatu sendiri merupakan gabungan relawan pro-Presiden RI Joko Widodo yang berada di AS.

Aksi tersebut akan diselenggarakan secara serentak di 12 titik di AS yakni di Atlanta, Austin, Charlotte, Chicago, Dallas, Las Vegas, Los Angeles, New York, Sacramento, Seattle, St. Paul-Minneapolis dan Washington pada 14-15 September. Amerika Bersatu mengakui aksi tersebut mendapat tanggapan positif dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang berada di AS.

"Pada saat ini, tercatat sudah lebih dari 500 warga yang akan berpartisipasi pada kegiatan ini dari seluruh AS," ujar koordinator Amerika Bersatu dari Los Angeles, Utomo Lukman, seperti dikutip dari keterangan resmi kelompok tersebut yang diterima Alinea.id pada Sabtu (7/9).

Acara tersebut didukung oleh sejumlah organisasi masyarakat Indonesia yang berbasis di AS seperti DC4INDONESIA, Ikatan Keluarga NTT USA, Indonesian American of the Carolinas, serta Indonesian House of New York (IHNY).