Ridwan Kamil gunakan APBD Jabar untuk 8 program Rp37 triliun

Gubernur Jawa Barat Muhammad Ridwan Kamil akan menggunakan APBD tahun 2019 senilai Rp37 triliun untuk delapan program prioritas.

Gubernur Jawa Barat Muhammad Ridwan Kamil akan menggunakan APBD tahun 2019 senilai Rp37 triliun untuk delapan program prioritas. / Antara Foto

Gubernur Jawa Barat Muhammad Ridwan Kamil akan menggunakan APBD tahun 2019 senilai Rp37 triliun untuk delapan program prioritas.

Pada 2019, pendapatan daerah diproyeksi mencapai Rp34,88 triliun. Sedangkan, belaja daerah diperkirakan mencapai Rp37,05 triliun.

"Belanja daerah 2019 ini diupayakan dengan pengaturan pola pembelanjaan akuntabel, proporsional, efisien dan efektif," kata Gubernur Emil di Bandung, Kamis (22/11).

Kedelapan program prioritas pembangunan tersebut adalah penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pemanfaatan modal alam untuk pemantapan ketahanan pangan dan mendorong bisnis pertanian berkelanjutan, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pengembangan industri dan pariwisata.

Kemudian peningkatan interkoneksi pusat-pusat pertumbuhan dan infrastruktur, peningkatan akses dan kualitas pendidikan rintisan wajib belajar 12 tahun, kesehatan dan pelayanan dasar perumahan/ permukiman, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pengendalian pemanfaatan ruang.