Saat warkop-warkop bersolek bak kafe dan restoran

Warkop-warkop bernuansa kafe kian menjamur di ibu kota. Mereka menarget anak muda 'cekak' yang hobi nongkrong.

Deretan motor milik pengunjung terparkir di depan Warmindo Juned di Jalan Kebahagiaan, Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, Jumat (23/12). Alinea.id/Kudus Purnomo Wahidin

Laga puncak Piala Dunia antara Argentina dan Prancis telah memasuki menit ke-36. Setelah unggul lewat penalti Lionel Messi, Argentina memperlebar keunggulan lewat sontekan Angel di Maria. Gelandang Juventus itu sukses mengeksekusi umpan silang yang dikirim Alexis Mac Allister. 

Momen-momen terciptanya gol cantik tersebut terpampang pada layar televisi di warung kopi (warkop) bernuansa kafe pantai di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (18/12) malam itu. Para pengunjung yang rata-rata fans Argentina bersorak. Teriakan dan tepuk tangan bergemuruh. 

Rasyid, pemilik warkop, turut bergembira. Tak hanya karena tim andalannya unggul, ia juga semringah lantaran pengunjung warkopnya membeludak. Malam itu, ia memang sengaja menggelar acara nonton bareng di warkopnya. 

"Kalau enggak gitu, nanti kita enggak bisa manfaatin momen Piala Dunia buat narik pembeli," kata Rasyid saat berbincang dengan Alinea.id di sela-sela kesibukannya menyiapkan kopi dan makanan pesanan pengunjung. 

Tak seperti warkop pada umumnya, warkop milik Rasyib memang terbilang cukup ideal untuk ajang nobar. Selain dilengkapi TV digital, ada banyak colokan listrik untuk menyuplai kebutuhan para pengunjung. Kursi-kursi dan meja pun ditata bak di kafe dan restoran. Bangku panjang khas warkop disingkirkan.