Saudi minta Menag bersabar soal haji, persiapan tetap jalan

Nizar membenarkan pihaknya menerima surat dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

Menteri Agama Fachrul Razi saat merespons sejumlah isu aktual seputar kehidupan beragama di tanah air di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (18/2)/Foto Antara/Risyal Hidayat.

Kementerian Agama (Kemenag) RI menanggapi surat resmi Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi yang ditujukan kepada Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Dalam surat tersebut, Pemerintah Saudi meminta agar menunda penyelesaian kewajiban (pembayaran) pada musim haji 1441 Hijriyah/2020 Masehi.

"Sehubungan dengan hal itu, saya berharap kepada Yang Mulia untuk dapat kiranya menginstruksikan Kantor Urusan Haji negara Yang Mulia agar menunggu (bersabar) menyelesaikan kewajiban baru berkaitan haji tahun 1441 hingga jelasnya wabah ini," bunyi petikan surat yang diterima redaksi Alinea.id, Kamis (19/3).

Menanggapi hal itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nizar Ali memastikan persiapan penyelenggaraan haji tetap berjalan.

Bahkan, sambung dia, mulai hari ini pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) untuk calon jamaah haji juga sudah dibuka hingga 17 April.