Saut minta Jokowi pilih Dewan Pengawas KPK berintegritas

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, meminta Presiden Joko Widodo dapat mengangkat anggota Dewan Pengawas KPK yang berintegritas.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (kedua kanan) bersama mantan pimpinan KPK Erry Riyana Hardjapamekas (kanan), praktisi hukum Saor Siagian (kedua kiri), mantan anggota pansel KPK Betti Alisjahbana (kiri). / Antara Foto

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, meminta Presiden Joko Widodo dapat mengangkat anggota Dewan Pengawas KPK yang memiliki integritas baik.

"Sederhana, satu katanya kan integritas saja. Jadi dalam integritas itu, semua nilai-nilai ada di situ. Orang yang berani, jujur, sederhana, kerja keras, dan seterusnya," kata Saut saat ditemui di Gedung C1 KPK, Jakarta Selatan, Selasa (10/12).

Baginya, integritas adalah harga mati bagi seseorang yang ingin menjabat sebagai posisi strategis tersebut. "Jadi kalau integritasnya keganggu ya, dengan asumsi undang-undangnya pun seperti itu jeleknya, (tetapi) kalau dilaksanakan dengan baik, itu bisa menjadi lebih baik," ucap Saut.

Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengantongi nama-nama anggota Dewan Pengawas KPK. Namun demikian, bekas Wali Kota Solo itu belum bersedia mengumumkannya.

Kendati sudah terbentuk, Saut mengaku, pihaknya tidak dimintai masukkan terkait kriteria tokoh yang akan menduduki posisi tersebut. Namun, Saut percaya, bekas Gubernur DKI Jakarta itu dapat memilih calon yang memiliki reputasi baik.