SBY dan Ani Yudhoyono: Cinta yang tak pernah sirna

“Pandangan mata SBY dan Ani saling bertemu. Jantung SBY berdetak kencang. Pipi Ani pun tersipu malu. "

Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Yudhoyono (kiri) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (kanan) mengangkut peti jenazah Ibu Ani Yudhoyono setibanya di rumah duka, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6)./ Antara Foto

Kepergian Ani Yudhoyono membawa kesedihan mendalam bagi suaminya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Presiden ke-6 RI itu tak kuasa menitikkan air mata saat menerima ucapan bela sungkawa dari sejumlah tokoh, di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (1/6) malam. Saat itu, jenazah Ani Yudhoyono baru saja tiba di Tanah Air. 

Setelah pesawat mendarat di landasan dan berhenti di apron, peti jenazah dikeluarkan bersamaan keluarga serta rekan dan kerabat turun dari pesawat.

SBY setia mendampingi Ani Yudhoyono hingga akhir hayatnya. Rasa cinta SBY terhadap istrinya juga terlihat saat ia meminta sendiri agar jenazah Ani Yudhoyono, diantarkan dengan pesawat Hercules karena tak ingin pisah dengan jenazah istrinya.

"Bapak (SBY) minta pakai Hercules saja supaya bisa bersama-sama di atas, kalau Boeing kan tidak boleh naik kargonya," ujar Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean.