Sejumlah penerbangan terganggu akibat kabut asap

Sejumlah penerbangan mengalami delay, pengalihan pendaratan (divert), serta melakukan pembatalan penerbangan (cancel).

Suasana Kota Jambi yang diselimuti kabut asap di Jambi, Jumat (13/9)./ Antara Foto

Sejumlah penerbangan Lion Air, Wings Air, dan Batik Air mengalami keterlambatan keberangkatan dan kedatangan (delay), pengalihan pendaratan (divert), serta melakukan pembatalan penerbangan (cancel) di beberapa jaringan domestik yang dilayani.

Hal ini disebabkan adanya cuaca buruk berupa fog (kabut asap) yang terjadi di beberapa daerah. Kondisi ini mengakibatkan jarak pandang pendek (visibility below minimum) dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan.

Corporate Communications Strategic, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, langkah itu dilakukan untuk menjamin keselamatan serta keamanan para penumpang dan awak pesawat.

"Berdasarkan situasi yang terjadi, seluruh operasional dijalankan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP)," ujar Danang, dalam keterangan resminya kepada Alinea.id.

Menurut Danang, rotasi pesawat untuk sektor atau rute penerbangan berikutnya berpotensi terganggu. Dia menyebut, sudah menginformasikan kepada seluruh penumpang atau tamu yang terganggu perjalanannya. Pihaknya juga memfasilitasi penumpang yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund) atau perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.