Soal mobil listrik, Anies koordinasi dengan pengusaha 

Anies tengah menggodok regulasi untuk mendukung peraturan presiden tentang percepatan pengembangan mobil listrik.

Pengunjung mengamati mobil listrik Twizy yang dipajang pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE-BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (27/7))./ Antara Foto

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tengah melakukan persiapan untuk menindaklanjuti peraturan presiden tentang percepatan pengembangan kendaraan bermotor listrik. Anies mengaku telah berkoordinasi dengan pengusaha di bidang transportasi terkait arah kebijakan tersebut. 

"Kami sedang menyiapkan semuanya. Anda tahu kebiasaan saya tidak ngomong parsial, sudah lengkap dulu, baru diumumkan," ujar Anies di The Sultan Hotel, Jakarta, Kamis (8/8).

Anies mengatakan, koordinasi dengan pengusaha dilakukan agar mereka dapat mengantisipasi kebijakan tersebut. Anies pun mengajak semua pihak untuk segera mengkonversi penggunaan mobil berbahan bakar minyak ke mobil listrik.

"Bagi yang bergerak di bidang otomotif, mulai memikirkan konversi ke penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan," katanya.

Sementara itu, bagi pelaku usaha yang saat ini bergerak di bidnag industri otomotif berbasis listrik, Anies meminta mereka untuk memperluas pasar.